Banyak Anak Rantau Mengaku Rindu 9 Tradisi Lebaran Ini. Bagaimana dengan Kamu?

Rindu. Mungkin satu kata itulah yang saat ini ada di kepalamu mengingat kampung halaman. Apalagi menjelang lebaran seperti sekarang, makin banyak hal yang membuat rasa rindu kian membuncah dalam dada. Begitu juga dengan tradisi lebaran yang dari kecil sudah kamu lakukan. Pasti deh membuatmu makin ingin cepat pulang. Nah kalau IDNtimes tanya 9 tradisi lebaran berikut, mana nih yang paling kamu rindukan?

1. Makan kue bikinan ibu yang menurut kita enaknya gak bisa ditandingin dengan kue manapun.

Bagi kamu yang ibunya jago bikin kue pasti kangen deh sama masakan ibumu yang satu ini. Di kota perantauan sekarang, seenak apapun kue yang dijual pasti gak bisa menandingi buatan ibu. Rasanya ingin cepat-cepat pulang deh supaya bisa secepat mungkin mencicipi kue ibumu.

2. Hunting tiket buat mudik ke kampung halaman.

Tradisi lebaran kedua yang biasanya diingat adalah saat harus cari tiket buat mudik ke kampung. Kalau dulu biasanya kita mengandalkan kereta api atau bis sebagai armada pulang kampung, sekarang ada alat transportasi yang lebih cepat seperti pesawat. Biasanya nih sebulan sebelum lebaran kamu sudah mulai sibuk cari tiket buat mudik. Beruntungnya sekarang ada Traveloka yang membantumu menemukan tiket pesawat dengan cepat, mudah, dan terjangkau karena adanya promo yang ditawarkan.

3. Kangen gak sih sama acara silaturahmi ke rumah keluarga yang sudah lama tidak ditemui?

Momen lebaran adalah momen lepas rindu dengan seluruh sanak saudara. Saat lebaran seluruh keluarga besar akan berkumpul. Kamu pasti ingat deh biasanya kita akan berkumpul di rumah saudara yang biasanya anak terbesar dalam keluarga. Sehabis Shalat Ied kita juga akan berpergian mengunjungi anggota keluarga lainnya untuk bersilahturahmi. Mmm, kangen gak sih sama saat-saat ini?

4. Makan ketupat sampai bosan. Soalnya setelah lebaran menu ini akan muncul tiap hari.

Ketupat sayur adalah makanan khas yang pasti ada saat lebaran. Menu ini wajib ada ketika merayakan hari kemenangan. Tapi biasanya rasa kangen kita bisa berubah jadi bosan karena selama beberapa hari setelah puasa, menu ketupat akan selalu ada.

5. Kumpul sama keponakan atau sepupu di malam takbiran. Rasanya gak sabaran besok mau Shalat Ied bareng!

Ada juga anak rantau yang kangen sama suasana di malam takbiran. Biasanya di momen ini kamu akan kumpul bersama saudara merayakan malam takbiran. Kegiatan malam tabiran umumnya diisi dengan aktivitas mulai dari main petasan, kembang api, atau bahkan sekadar berkumpul bersama keluarga.

6. Dapat salam tempel dari orangtua atau anggota keluarga yang lebih tua

Dapat amplop termasuk juga tradisi paling ditunggu oleh anak rantau saat lebaran. Kamu bisa dapat “suntikan dana segar” dari amplop-amplop yang dikasih sama orangtua atau anggota keluarga lainnya. Bagimu uang dari salam tempel itu bisa dijadikan dana tambahan buat nanti di perantauan.

7. Pagi-pagi sudah heboh Shalat Ied bareng keluarga...

Serunya Shalat Ied bareng juga bikin anak rantau sepertimu rindu ingin cepat pulang. Biasanya di pagi hari kamu dan keluarga sudah heboh siap-siap bangunkan untuk pergi Shalat Ied.

8. Belanja bareng beli baju baru untuk dipakai lebaran.

Di Indonesia beli baju baru saat lebaran sudah jadi kebiasaan yang sepertinya tidak bisa ditinggalkan. Menjelang hari raya biasanya kita akan pergi ke mall atau toko baju buat cari-cari baju lebaran.  

9. Terakhir, sungkem kepada orangtua tua selalu jadi momen yang mengharukan.

Hal terakhir sekaligus paling dikangenin dari lebaran adalah sungkem pada orangtua. Bagi anak rantau bertemu dan bermaaf-maafan dengan orangtua adalah hal paling ditunggu saat lebaran. Setelah acara sungkem, biasanya kalian akan langsung menyantap makanan yang telah disediakan. Meskipun hal tersebut sebetulnya sederhana, tapi siapa sih yang gak rindu? Ya kan?

0 Response to " Banyak Anak Rantau Mengaku Rindu 9 Tradisi Lebaran Ini. Bagaimana dengan Kamu? "

Posting Komentar