Subhanallah !!! Inilah Pahala Mengucapkan ‘Aamiin’ Setelah Imam Membaca Al-Fatihah


Salat berjamaah memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah pahala yang diberikan hingga 27 kali lipat. Salat ini dipimpin oleh seorang imam yang diikuti oleh para makmum yang berada dibelakangnya.

Inilah Pahala Mengucapkan ‘Aamiin’ Setelah Imam Membaca Al-Fatihah


Pada beberapa waktu salat, imam membacakan surat Alfatihah dengan mengeraskan suara. Saat akhir kalimat dari surat tersebut, para makmum akan menyambutnya dengan kata ‘Aamiin’. Imam kemudian melanjutkan dengan bacaan surat pendek.

Diantara kita pasti pernah malas-malasan mengucapkan kata aamiin ini. Atau sengaja mengucapkan dengan lirih sehingga suara tidak terdengar. Padahal ada faedah besar dibalik ucapan pendek tersebut.  Apa saja faedahnya? Berikut ringkasannya.

Hukum dar imengucapkan lafadz aamiin ketika selesai membaca Al Fatihah adalah sunnah (dianjurkan) bagi imam dan makmum. Bacaan ini diucapkan secara keras pada salat subuh,  Maghrib, dan Isya. Ternyata tidak hanya dalam salat, umat Islam juga di sunnahkan untuk mengucapkan aamiin usai membaca Al Fatihah di luar salat.

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Disunnahkan bagi yang membaca surat Al Fatihah untuk mengucapakan aamiin setelah


membacanya. Ulama Syafi’iyah dan ulama lainnya menyatakan bahwa dianjurkan mengucapkan aamiin bagi orang yang membaca Al Fatihah di luar shalat, terlebih lagi jika di dalam shalat, baik ia shalat sendiri (munfarid), sebagai imam, maupun sebagai makmum, begitu pula di keadaan
lainnya.” (Tafsir Ibnu Katsir, 1: 144-145)

Ucapan aamiin adalah sebuah doa yang bermakna ‘kabulkan doa kami Yaa Allah. Ternyata dengan mengucapkan ini  manusia memperoleh banyak manfaat. Pasalnya tidak hanya imam dan makmum saja yang mengucapkan kalimat tersebut. Namun malaikat juga turut mengucapkan lafadz aamiin ini.

Banyak dalil yang menunjukan bahwa malaikat turut serta mengucapkan aamiin usai imam membaca surat pertama dalam Alquran ini. Di antara dalil yang menunjukkan hal tersebut antara lain sebagai berikut.

“Jika salah seorang di antara kalian mengucapkan ‘aamiin’, maka para Malaikat di langit mengucapkan ‘aamiin’, lalu yang satu tepat dengan apa yang diucapkan yang lainnya, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” Shahiih al-Bukhari kitab al-Adzaan bab Fadhlut Ta'-miin (II/266).

Al-Imam al-Bukhari meriwayatkan dari ‘Atha' bahwa kata aamiin adalah sebuah do’a. Jika kemudian malaikat juga mengucapkan aamiin, itu artinya mereka memohon agar Allah mengabulkan doa manusia atau lebih tepatnya Ya Allah, kabulkanlah permohonan mereka.”

Sungguh, Allah SWT memberikan kemudahan untuk meraih pahalanya menuju surga. Namun manusia kerap lalai dan mengabaikan kemudahan yang Allah berikan. Padahal hidup tidak hanya di dunia saja, melainkan ada akhirat yang menjadi hari pembalasan bagi semua amal baik dan buruk yang kita lakukan. Jadi jangan sia-siakan kesempatan memperoleh ampunan ini. Terima kasih sudah membaca.

Semoga Sahabat Semua Berkenan Untuk Menyebarkan Artikel Ini Dengan Membagikan Ke Sahabat Facebook Yang Lain.. Terimakasih ..!

0 Response to " Subhanallah !!! Inilah Pahala Mengucapkan ‘Aamiin’ Setelah Imam Membaca Al-Fatihah "

Posting Komentar