Studi di Tasmania Ungkap Dampak Zona Larangan Memancing terhadap Dasar Laut

Sebuah robot kapal selam memberi para ilmuwan Australia gambaran pertama tentang dasar laut yang dalam dari sebuah cagar laut, di ujung selatan Tasmania.
Para peneliti dari Institut Studi Kelautan dan Antartika yang berbasis di Hobart menggunakan kendaraan bawah air otonom untuk memetakan bagian landas kontinen dari cagar laut itu.
Menggunakan temuan itu, mereka akan mengevaluasi apakah memiliki zona larangan memancing terbukti bermanfaat bagi sistem terumbu karang di selatan Tasmania itu.

Para ilmuwan menghabiskan lima hari untuk mengumpulkan data yang dilakukan di dekat Pulau Maatsuyker, Tasmania.
"Kami cukup terpesona dengan apa yang telah kami lihat dari gambar awal karena di lepas pantai selatan Tasmania, dasar lautnya sangat banyak didominasi oleh karang lunak - mungkin 50% dari keseluruhan makhluk di dasar laut," jelas pemimpin proyek, Dr Neville Barrett.
"Biasanya, mereka mungkin hanya sekitar 1% atau 2% dan sebagian besar isinya adalah bunga karang,” tambahnya.
Lobster yang lebih besar ditemukan di zona yang dilindungi
Para ilmuwan telah membandingkan zona larangan memancing dengan ekosistem yang sama yang tidak dilindungi.
"Ada perbedaan yang cukup besar dalam distribusi ukuran lobster di cagar laut. Mereka umumnya jauh lebih besar di cagar laut, setidaknya pada lobster jantan," ungkap Dr. Neville.
Cagar Laut Persemakmuran di Tasmania seluas 42.500 persegi km persegi itu ditetapkan di bawah Pemerintahan John Howard, sekitar tujuh tahun yang lalu.
Dr Neville mengatakan, penelitian itu membantu untuk mengekspos betapa memancing mempengaruhi tak hanya spesies laut, tetapi juga habitatnya.
"Kami benar-benar tak tahu apa yang terjadi di lingkungan lepas pantai yang lebih dalam ini," utaranya.
Ia menjelaskan, "Kami tak tahu apakah ada potensi dampak bagi spesies yang terancam, apakah tekanan berat dari aktivitas memancing menyebabkan perubahan pada fungsi sistem, dan ini adalah kesempatan pertama kami untuk pergi ke sana dan melihat serta mencoba untuk mendapatkan gambaran."

0 Response to " Studi di Tasmania Ungkap Dampak Zona Larangan Memancing terhadap Dasar Laut "

Posting Komentar