Bahaya Tersembunyi Toilet Duduk


Tak selamanya modernitas membawa banyak keuntungan bagi manusia. Toilet duduk misalnya. Hampir secara keseluruhan warga yang tinggal di Indonesia lebih akrab dengan toilet jongkok dibanding dengan toilet duduk.
Namun seiring berkembangnya jaman, toilet jongkok terdepak dan digantikan dengan toilet duduk, yang punya kesan modern sekaligus membuat penggunanya lebih nyaman.
Tapi di balik hebatnya modernitas itu, toilet duduk menyimpan dampak negatif bagi kesehatan manusia. Tanpa disadari toilet duduk ini bisa mempengaruhi proses alami pembuangan kotoran dan menyebabkan sembelit.
Seperti dikutip dari merdeka.com, saat dalam keadaan duduk, otot tidak bisa mempertahankan kontinuitas untuk mengeluarkan kotoran. Tubuh juga sulit memberikan tekanan yang lebih untuk mengeluarkan kotoran. Selain sembelit, berikut bahaya tersembunyi yang mengintai pengguna toilet duduk.
1. Hemoroid
Bahaya Tersembunyi Toilet Duduk
Hemorrhoid atau wasir adalah pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Penyakit ini tergolong langka ditemukan di wilayah Asia. Wasir lebih sering ditemukan di negara-negara Barat.
Penyebabnya macam-macam, selain karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat. Wasir juga dikaitkan dengan penggunaan toilet duduk. Pengguna toilet duduk akan dipaksa mengejan untuk mendorong gerakan usus. Kebiasaan mengejan itulah yang dapat meningkatkan tekanan dalam perut dan merupakan salah satu faktor terbentuknya hemorrhoid. Baca selengkapnya Bahaya Toilet Duduk.
2. Penyakit Usus
Bahaya Tersembunyi Toilet Duduk
Saat kotoran tidak sepenuhnya keluar dan menumpuk, tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik dan bisa membuat Anda menjadi tidak sehat. Jika dibiarkan dengan keadaan demikian, makan akan beresiko terkena penyakit usus besar. Baca selengkapnya Bahaya Toilet Duduk.
3. Infeksi saluran kencing
Bahaya Tersembunyi Toilet Duduk
Tidak hanya mengggangu saluran pembuangan kotoran,penggunaan toilet duduk juga punya resiko yang tidak baik bagi Saluran kencing.
Hal ini terjadi karena kencing dalam keadaan jongkok akan lebih baik sekaligus membuat kandung kemih benar-benar kosong dan mencegah Anda untuk terkena infeksi saluran kencing. Baca selengkapnya Bahaya Toilet Duduk.
4. Gangguan panggul
Bahaya Tersembunyi Toilet Duduk
Pada saat dalam posisi duduk, terjadi tekanan pada usus besar yang berakibat buruk bagi pinggul. Sementara ketika berjongkok, Anda akan melindungi saraf panggul. Baca selengkapnya Bahaya Toilet Duduk.

0 Response to " Bahaya Tersembunyi Toilet Duduk "

Posting Komentar