Kamboja, Selain Indah Bunganya, Juga Berkhasiat Obat


Bunga kamboja identik dengan tumbuhan yang ditanam di kuburan. Namun sekarng banyak perumahan elit yang memanfaatkan sebagai tanaman hias. Dibalik bunganya yang indah, ternyata bunga kamboja menyimpan banyak manfaat sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Pohon kamboja yang mempunyai nama latin Plumeria ini ditemukan oleh seorang botanis berkebangsaan Perancis yang bernama Charles Plumier. Dan bunga kamboja yang pohonnya mencapai 3 meter ini tak ada hubungannnya dengan negara Kamboja, karena bunga ini berasal dari Amerika Tengah.

Bunga kamboja yang daunnya bergetah ini mengandung banyak senyawa kimia antara lain asam plumerat, asam serotinat, plumierid, dan agoniadin. Senyawa kimia tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Kulit pohon kamboja mengandung damar dan asam plumeria. Dan akar dan daunnya mengandung saponin, polifenol, alkaloid, dan juga fenetilalkohol. Hampir seluruh bagian pohon kamboja mengandung senyawa fulvoplumierin yang terdapat di hampir seluruh bagian tanaman ini bermanfaat untuk menghambat disentri, radang saluran pernafasan, TBC, maupun hepatitis.

Berikut manfaat yang bisa kita peroleh dari pohon kamboja yang jarang kita perhatikan:

1. Bunga kamboja bisa dimanfaatkan untuk membuat teh.

Setelah dikeringkan, bunga kamboja diseduh dengan air panas. Manfaatnya antara lain tubuh menjadi lebih rileks, bisa menurunkan stres, dan bisa dipakai sebagai aroma terapi. Sedangkan jika dimakan langsung, bunga tersebut berkhasiat untuk  meredakan demam, menghentikan batuk, melancarkan keluarnya air seni, mencegah pingsan, menghentikan diare, dan lainnya.

2. Bunga Kamboja untuk obat  antibiotik dan Mengobati Sakit Gigi

Daun kamboja banyak menyimpan getah. Getah tersebut mengandung alkaloid, tanin, flavonoid dan triterpenoid yang bisa dipakai sebagai antibiotik  Tanaman ini  juga disebut sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi berlubang dengan cara mengambil beberapa tetes getah kamboja dengan kapas masukkan pada gigi yang sakit. Dosisnya cukup 1-2 kali saja perhari.

3. Kamboja untuk mengobati bisul

Jika kebetulan sedang terkena bisul, silakan mencoba untuk mengobati dengan daun kamboja. Caranya panaskan daun kamboja di atas api sampai layu, lalu olesi dengan minyak zaitun. Tempelkan pada bisul dalam keadaan masih panas.

4. Kamboja mengobati kaki bengkak

Selain bunga dan daun, akar dan batang kamboja juga bisa untuk mengobati kaki bengkak dan tumit yang pecah-pecah. Caranya mudah.  rebus akar dan daunnya sampai mendidih lalu tambahkan garam. Gunakan air rebusan daun, akar, dan garam tersebut untuk merendam kaki yang bengkak dua kali sehari.
Bagaimana mudah kan? Sebarkanlah informasi bermanfaat ini ke teman Anda

0 Response to " Kamboja, Selain Indah Bunganya, Juga Berkhasiat Obat "

Posting Komentar