10 Jenis Jenazah yang Tidak akan Busuk di dalam Kubur


Menurut situs konsultasi syariah, Islampos, ada hadis riwayat (HR) Bukhari Muslim, menerankan tentang jenis jasad yang tidak akan busuk di dalam kubur.
Dikatakan, ada 10 golongan manusia yang mayatnya tidak busuk selama di dalam kubur.
Dan si mayit akan bangkit dalam keadaan tubuh seperti semula pada hari kiamat, sebagai berikut:
1. Para nabi.
Masjid Al Masjid Al Nabawi di Medina, Saudi Arabia, lokasi makam Nabi Muhammad SAW.
2. Para ahli jihad fisabilillah.
3. Para alim ulama yang menegakkan kalimat Allah.
4. Para syuhada yang sentiasa memperjuangkan Islam.
5. Para penghafal Alquran dan beramal dengan Alquran.
6. Imam atau pemimpin yang adil dalam menegakkan syariat Allah.
7. Muadzin yang tidak meminta imbalan.
8. Wanita yang meninggal sewaktu melahirkan anak serta senantiasa taat pada perintah Allah.
9. Orang mati dibunuh atau dianiaya karena mempertahankan kehormatan diri dan agama.
10. Orang yang mati di siang hari atau di malam Jumat jika mereka itu dari kalangan orang yang beriman yang sentiasa menjaga hukum agama semasa hidup di dunia.  (HR Bukhari Muslim).
Perlakukan Jenazah Sesuai Syariat
Berbeda dengan binatang, saat seorang manusia, muslim, khususnya, ketika meninggal, jasadnya harus diperlakukan sesuai syariat.
Berikut hal-hal yang harus diperhatikan terhadap jenazah:
1. Hendaklah matanya dipejamkan, menyebut yang baik-baik tentang si jenazah, mendoakan, dan memintakan ampun atas dosanya.
Rasulullah SAW bersabda: “Apabila kamu menghadapi orang mati, hendaklah kamu tutupkan matanya karena sesungguhnya mata itu mengikutkan roh. Hendaklah kamu mengucapkan yang baik (umpamanya mendoakannya), karena sesungguhnya ia dipercayai menurut apa yang diucapkan oleh ahlinya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
2. Seluruh badannya hendaklah ditutup dengan kain. Hal ini dilakukan sebagai penghormatan kepadanya dan agar tak terbuka auratnya.
Dari Aisyah ra, “Sesungguhnya Rasulullah SAW ketika wafat ditutup dengan kain tenunan negeri Yaman.” (HR. Bukhari Muslim)
3. Tak ada halangan untuk mencium jenazah bagi keluarganya atau sahabat-sahabatnya yang amat sayang dan berdukacita atas kematiannya.
Dari Aisyah ra,“Sesungguhnya Rasulullah SAW telah mencium Utsman bin Maz’un ketika ia meninggal, hingga tampak air mata mengalir di wajah Beliau.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).
4. Ahli mayat yang mampu hendaknya segera membayar utang si mayat jika ia berutang, baik dibayar dari harta peninggalannya maupun dari pertolongan keluarga sendiri.
Rasulullah SAW bersabda: “Diri seorang mukmin itu tergantung (tidak sampai ke hadirat Allah) karena utangnya, hingga dibayar dahulu utangnya itu (oleh familinya).” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)
Adapun bagi orang-orang yang tidak mampu, maka terserah kepada Allah Yang Maha Pemurah, menurut keadaan tujuan dan maksud orang itu sewaktu berutang.
Demikian, wallahu a'lam. 

0 Response to " 10 Jenis Jenazah yang Tidak akan Busuk di dalam Kubur "

Posting Komentar