Makan Goreng-gorengan Bikin Pria Cepat Pikun


Goreng-gorengan diketahui bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Belakangan, kandungan lemak trans di dalam makanan murah meriah ini juga dikaitkan dengan risiko gangguan fungsi memori di otak.

Sebuah penelitian dilakukan pada 1.000 orang dewasa sehat, 700 di antaranya adalah pria berusia 20 tahun ke atas. Hasilnya menunjukkan, konsumsi lemak trans memicu penurunan fungsi memori khususnya pada pria usia produktif.

"Lemak trans paling kelihatan memperburuk memori pada pria muda paruh baya, pada usia kerja dan masa-masa pembentukan karir," kata sang peneliti, Beatrice A Golomb dari University of California di San Diego, seperti dikutip dari Foxnews.

Dalam penelitian ini, Golomb mendefinisikan usia produktif sebagai usia 45 tahun ke bawah.

Fungsi memori para partisipan diamati dengan menggunakan tes mengingat kartu. Ada lebih dari 100 kartu, masing-masing berisi 1 kata. Tiap kelebihan 1 gram lemak trans yang dikonsumsi setiap hari, terjadi penurunan jumlah kata yang bisa diingat sebanyak rata-rata 0,76 kata.

Para ilmuwan menduga, efek lemak trans bisa meningkatkan stres oksidatif dan mempengaruhi cadangan energi dalam sel. Stres oksidatif juga berhubungan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebaliknya, makanan-makanan kaya antioksidan seperti cokelat bisa membuat fungsi otak lebih terjaga.

0 Response to " Makan Goreng-gorengan Bikin Pria Cepat Pikun "

Posting Komentar