Membaca, Mempelajari dan Mengamalkan Al-Quran, Ini Keutamaannya


Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuuh
Alhamdulillahirabbil ‘alamin, washshalatu wassalmu’ala ashrafil ambya’i walmursalin, wa ‘ala alihi washahbihi aj’ma’in. Ama ba’du.
BAPAK dan ibu jama’ah yang dimuliakan Allah, marilah kita panjatkan puji syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah kepada kita, utamanya adalah nikmat Islam, kesehatan, kekuatan dan kesempatan.
Tak lupa salam dan shalawat semoga tetap terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallahu ‘alaihi wassalam, keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang senantiasa istiqomah melaksanakan ajarannya. Aamin yaa robbal ‘alamiin.
Jama’ah yang dirahmati Allah, tema kultum pada kesempatan kali ini ialah, “Keutamaan Membaca, Mempelajari dan Mengamalkan Al-Qur’an”
Merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim untuk selalu berinteraksi aktif dengan Al-Qur`an, dan menjadikannya sebagai sumber inspirasi, berpikir dan bertindak. Membaca Al-Qur`an merupakan langkah pertama dalam berinteraksi dengan-Nya.
Berikut ini adalah beberapa keutamaan membaca, mempelajari dan mengamalkan Al-Qur`an.
1. Manusia yang terbaik
Dari `Utsman bin `Affan, Nabi bersabda, “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya,” (HR. Bukhari).
2. Dikumpulkan bersama para malaikat
Dari `Aisyah Radhiyallahu `Anha berkata, Rasulullah bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur`an dan ia mahir dalam membacanya maka ia akan dikumpulkan bersama para malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur`an dan ia masih terbata-bata dan merasa berat (belum fasih) dalam membacanya, maka ia akan mendapat dua ganjaran,” (Muttafaqun `Alaihi).
3. Sebagai syafa`at di hari kiamat
Dari Abu Umamah Al Bahili berkata: Saya telah mendengar Rasulullah bersabda, “Bacalah Al-Qur`an, maka sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi ahlinya (yaitu orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya),” (HR. Muslim).
4. Ladang pahala
Dari Abdullah bin Mas`ud, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf,” (HR. At Tirmidzi dan berkata, “Hadits hasan shahih”).
5. Kedua orang tuanya mendapatkan mahkota surga
Dari Muadz bin Anas, bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca Al-Qur`an dan mengamalkan apa yang terdapat di dalamnya, Allah akan mengenakan mahkota kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat kelak. Di mana cahayanya lebih terang dari pada cahaya matahari di dunia. Maka kamu tidak akan menduga bahwa ganjaran itu disebabkan dengan amalan yang seperti ini,” (HR. Abu Daud).
Demikianlah sedikit yang dapat disampaikan. Semoga ada manfaatnya. Dan semoga Allah memasukkan kita ke dalam golongan orang yang mau membaca, mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an. Aamiin.
Rasulullah Shallahu alaihi wasallam bersabda, “Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Quran seperti buah utrujah, baunya harum dan rasanya enak. Dan perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al-Quran seperti buah kurma, tidak wangi dan rasanya manis. Sedangkan perumpamaan orang munafiq yang membaca Al-Quran seperti buah raihanah, baunya enak dan rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafiq yang tidak membaca Al-Quran seperti buah hanzhalah, tidak beraroma dan rasanya pahit.”
Billahitaufik walhidayah. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuuh.
Sumber: ZonaKeren.com

0 Response to " Membaca, Mempelajari dan Mengamalkan Al-Quran, Ini Keutamaannya "

Posting Komentar