Apakah Kamu Tahu Rahasia-Rahasia Ini? 13 Cara Ini akan Membuat Makananmu Tetap Segar dan Tahan Lama!

Di dalam cuaca yang panas, mengerti cara menjaga kesegaran makanan merupakan informasi yang sangat penting. Kalau stok makanan banyak, ditaruh sebentar saja bisa berubah jadi kurang segar. Tapi kalau tidak stok makanan, waktu ngidam malah tidak ada makanan, dan lagi tidak semua makanan bisa disimpan di dalam kulkas. Penasaran bagaimana caranya? Lihat trik-trik dibawah ini!
1. Tomat
Kesegaran tomat bisa dijaga tanpa kulkas. Untuk menjaga tomat supaya tetap segar dan menarik, anda cukup menggunakan sebuah kantong plastic bersih. Setelah tomat yang ingin anda simpan dimasukkan, ikat bagian mulut plastik dengan erat dan letakkan di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari. Jangan lupa untuk membuka plastiknya dan biarkan selama 5 menit setiap harinya sambil keringkan uap air yang ada di dalam plasik dengan kain lap. Jika dilakukan dengan baik, tomat yang anda beli bisa bertahan selama 30 hari lho!

2. Salad
Jika salad tidak bisa dihabiskan, jangan panik! Ambil bungkus plastik untuk makanan dan bungkus mangkuk atau piring yang berisi salad, kemudian letakkan selembar kertas diatasnya. Dengan cara ini anda tidak perlu lagi langsung membuang salad jika tidak dapat dihabiskan.
3. Stroberi
Strawberry atau yang akrab dituliskan stroberi di Indonesia cukup mudah diawetkan tanpa kulkas! Rendam buah stroberi dengan air yang ditambahkan cuka saja bisa menjaganya tetap cantik dan segar! Tetap jangan lupa dicuci dulu ya sebelum makan!
4. Pisang
Jika anda mempunyai aluminium foil dirumah, anda bisa membungkus pangkal dari pisang yang anda beli untuk menjaganya tetap segar.
5. Terung
Terung atau yang lebih akrab dengan panggilan "terong" tidak boleh dibasahi dengan air sebelum disimpan. Jika anda membersihkannya dengan air, maka lapisan lilin yang ada pada kulit terung tersebut akan ikut tercuci dan mengurangi kemampuan lapisan tersebut dalam melindungi sayur ini. Terung yang tidak terlindungi dengan lapisan lilin akan mudah diserang bakteri dan menyebabkan terung cepat busuk. Cukup dengan sebuah kantung plastik yang bersih, ikat dengan baik, buat sedikit lubang udara, dan biarkan di tempat yang kering dan sejuk.
6. Sayuran Hijau
Sayuran hijau dapat dijaga kesegarannya dengan sebuah kantung plastik yang bersih, ikat dengan erat ujung plastiknya dan simpan di dalam kulkas.
7. Kentang
Bingung mengatasi kentang yang mudah berkecambah? Simpan saja kentang-kentang itu dengan apel dan anda dapat menikmati kentang yang lezat tanpa khawatir ia berkecambah.
8. Kucai
Kucai sangat mudah menguning dan cepat layu, tapi jangan khawatir, dengan membungkusnya menggunakan dan sawi putih, letakkan di tempat yang bersih dan sejuk, masalah akan teratasi.
9. Daun bawang
Daun bawang yang sudah dipotong namun tidak dapat dihabiskan dapat anda simpan menggunakan sebuah botol plastik yang bersih.
10. Bawang bombai
Jika anda mempunyai stocking atau kaus kaki yang tidak terpakai (dan bersih tentunya!), mulai sekarang dapat anda gunakan untuk menjaga keawetan bawang bombai dirumah anda. Masukkan bawang bombai ke dalam kaus kaki atau stocking, gantung, dan temukan bawang bombai anda tetap segar bahkan setelah setengah tahun kemudian.
11. Jamur-jamuran
Segala jenis jamur-jamuran sebaiknya tidak disimpan di dalam kantung plastik, gunakan saja kantung kertas untuk kualitas yang lebih baik.
12. Ikan
Ikan yang dimasukkan langsung ke dalam kulkas bisa membuatnya kering dan keriput. Jangan panik, ambillah air yang digarami, masukkan ikan ke dalamnya, baru masukkan ke dalam kulkas.
13. Keringan Seafood
Ikan teri keringan, hebi, dan berbagai macam seafood yang dikeringkan boleh anda masukkan ke dalam kantong kedap udara atau botol kedap udara bersama dengan bawang putih yang sudah dikupas kulitnya. Simpan di tempat yang kering dan sejuk supaya tetap awet.
Jadi penasaran ingin mencobanya? Sharekan info ini ke teman-temanmu ya setelah kamu mencobanya!

0 Response to " Apakah Kamu Tahu Rahasia-Rahasia Ini? 13 Cara Ini akan Membuat Makananmu Tetap Segar dan Tahan Lama! "

Posting Komentar