Awas, Apel Impor Asal Amerika Terkontaminasi Bakteri Mematikan!


Apakah kamu termasuk orang yang gemar memakan apel impor asal Amerika Serikat jenis Granny Smith dan Gala? Kalau iya, sepertinya kamu harus waspada. Karena terungkap rupanya kedua jenis apel itu tercemar bakteri listeria yang mematikan.
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat sana, wabah bakteri listeria karena kedua jenis apel itu sudah menjangkiti 32 orang semenjak bulan Oktober-Desember. Setidaknya ada tujuh korban tewas di 11 negara bagian, seperti dilansir Reuters.
Apel Gala dari Amerika Serikat via Reuters
Apel Gala dari Amerika Serikat via Reuters
Penyakit Listeriosis sendiri adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram positif, motil dan bakteri Listeria Monocytogenes. Bakteri ini kabarnya bisa hidup di suhu dingin sampai 10-4 derajat celcius. Listeria bisa menular pada makanan yang terkontaminasi dan bisa menimbulkan infeksi parah pada orangtua, ibu hamil, bayi dan mereka yang punya kekebalan tubuh lemah.
Jika kamu terkena Listeriosis, maka biasanya gejala berlangsung antara 7-10 hari. Gejala awal adalah demam, pegal otot hingga keluhan pada lambung dan usus. Kalau sudah masuk ke perut, bakteri ini bisa menembus dinding usus serta peredaran darah yang bisa memicu kematian. Jika bakteri listeria menyebar ke sistem syaraf, bisa memicu Meningitis.
Apel Granny Smith asal Amerika juga via Reuters
Apel Granny Smith asal Amerika juga via Reuters
Yang lebih bahaya lagi adalah kalau kamu sedang mengandung dan mengonsumsi makanan mengandung bakteri listeria, maka bakteri ini bisa menembus plasenta dan menyerang janin sampai meninggal. Mereka yang mengonsumsi apel terkontaminasi listeria disebutkan merasakan sakit berminggu-minggu kemudian.
Karena kasus apel Gala dan Granny Smith yang terkontaminasi listeria ini, pemerintah Malaysia sampai melarang kedua jenis apel asal Amerika Serikat itu masuk ke negara mereka. Mengikuti jejak Malaysia, Kementrian Perdagangan (Kemendag) Indonesia juga melakukan uji sampel apakah memang apel yang berasal dari Bidart Brothers, Bakersfield, California ini terkontaminasi. Jadi, buat kamu yang hobi makan apel impor, lebih baik waspada ya!

0 Response to " Awas, Apel Impor Asal Amerika Terkontaminasi Bakteri Mematikan! "

Posting Komentar