10 Temuan Arkeologi Paling Kontroversial di Dunia


Kontroversi sudah menjadi hal umum di dunia sains, tidak terkecuali di bidang arkeologiBegitu banyak peninggalan sejarah yang selalu saja diperdebatkan, dengan teori yang berbeda-beda yang didukung dengan bukti-bukti kongkret dari para ilmuwan. 

Ratusan artefak ditemukan dan telah digali, banyak yang membingungkan para arkeolog dan memberikan tantangan pada umat manusia untuk terus menggali dan mempelajari sejarah yang begitu banyak misteri didalamnya. Penemuan-penemuan arkeologi memang selalu kontroversial dan komunitas ilmiah sangat selektif dalam hal apa yang mereka terima sebagai sebuah kenyataan.

Berikut kami rangkum 10 Temuan Arkeologi Paling Kontroversial di Dunia yang menjadi perdebatan dikalangan arkeolog sebagaimana dikutip dari laman list25.com.

10. Gua Sandia


Mungkin ini adalah salah satu temuan arkeologi paling kontroversial dalam sejarah Amerika Serikat, gua yang berada di New Mexico ini ditemukan oleh Frank Hibben pada 1930-an dan 1940-an. Banyak teknik dan temuannya telah menjadi sumber utama kontroversi di kalangan arkeologi bahkan hinggahari ini, terutama yang menyangkut gagasan bahwa manusia telah menghuni Amerika Utara jauh lebih awal daripada yang diperkirakan sebelumnya.

9. Piltdown man


The Piltdown mungkin salah satu hoax antropologis yang paling terkenal yang pernah dilakukan.Adalah fragmen tulang yang ditemukan di Inggris yang dikatakan sebagai bukti bagi manusia purbayang sebelumnya tidak diketahui, kebohongan ini akhirnya terkuak setelah lebih dari 40 tahun.Identitas pemalsu masih belum diketahui.

8. Runamo


Runamo adalah tanggul retak yang terletak di Swedia dengan sebuah prasasti rahasia yang memunculkan beberapa perdebatan soal apakah retakan pada prasasti tersebut hasil karya manusia ataukah proses alami dari alam, para arkeolog masih memperdebatkan soal itu.

7. Nazca Lines


Ini geoglyphs terkenal yang hampir identik dengan Peru. Yang menjadi kontroversi bukan soal"bagaimana" proses pembuatannya,  namun "mengapa" geoglyphs ini dibuatPerdebatan berlanjuthingga hari ini.

6. Batu White Shaman


Ditemukan di Texas, lukisan setinggi 7 meter ini telah menyebabkan banyak spekulasi dan perdebatan mengenai tujuan dan makna yang terkandung dalam lukisanTeori termasuk segala sesuatu dari ritual pra-pertempuran untuk upacara keagamaan kuno.

5. Tărtăria tablets


Tiga tablet ditemukan di Rumania pada tahun 1961 telah menjadi sumber kontroversi di kalangan arkeolog terutama berkaitan dengan usia dan maknanya. Khususnya, apakah tablet tersebut digunakan sebagai media untuk menulis di zaman itu.

4. Kematian Alexander The Great


Sebagian besar ahli sejarah setuju kematiannya terjadi pada 10 Juni 323 SM di istana Nebukadnezar II di Babel, yang menjadi perdebatan adalah bagaimana ia meninggal.

3. The Minaret Of Jam


Sebuah menara di Afghanistan yang hingga kini masih terawatt dengan baiknamun yang menjadi perdebatan dikalangan ulama disana adalah kapan menara ini dibangunMeskipun terdapat prasasti di menara ini namun tidak ada informasi yang menjelaskan soal itu.

2. The Paracas Candelabra


Meskipun Nazca Lines lebih populer dibandingkan dengan Paracas Candelabra, geoglyph yang satu ini sangat membingungkan kalangan ArkeologAda pendapat yang mengatakan kalau ini adalah untuk ritual keagamaanada juga pendapat yang mengatakan kalau pola ini berfungsi sebagai semacam penunjuk arah bagi para pelaut, mengingat ukiran di sisi bukit ini masih dapat dilihat dari jarak 20 Km dari laut.


1. The Uffington White Horse


Ditemukan di Inggris, bukit prasejarah ini berbentuk seperti angka dengan galian dalam yang diisi dengan kapur putih. Ini telah lama diperdebatkan, anggapan lain bahwa angka ini sebenarnya adalah bentuk kuda. Kapan konstruksi ini dibangun juga menjadi perdebatan hingga saat ini.

Demikianlah beberapa  temuan yang hingga saat ini masih menjadi misteri dan selalu diperdebatkan arkeolog dunia. Semoga daftar 10 Temuan Arkeologi Paling Kontroversial di Dunia diatas memberikan manfaat dan wawasan baru bagi kita semua.

0 Response to " 10 Temuan Arkeologi Paling Kontroversial di Dunia "

Posting Komentar