Inilah Alasan Islam Melarang Laki-laki Pakai Emas


Sebagai penganut agama Islam kita pasti telah mengetahui bahwa laki-laki dilarang memakai Emas. Sebagaimana dalam hadits, dari Abi Musa ra. bahwa Rasulullah saw bersabda, ”Telah diharamkan memakai sutera dan emas bagi laki-laki dari umatku dan dihalalkan bagi wanitanya..” [HR Turmuzi dengan sanad hasan shahih]
Secara medis, ternyata larangan itu sesuai. Inilah fakta kenapa hal itu berlaku dalam Islam. Para ahli fisika telah menyimpulkan bahwa atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah manusia.
Dan jika pria mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan yaitu di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam persentase yang melebihi batas yang dikenal dengan migrasi emas.
Dan apabila ini terjadi, maka akan mengakibatkan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah suatu penyakit dimana orang tersebut kehilangan semua kemampuan mental dan fisik serta menyebabkan kembali seperti anak kecil. Alzheimer bukan penuaan normal, tetapi merupakan penuaan paksaan atau terpaksa.
Dan mengapa Islam membolehkan wanita untuk mengenakan emas? Wanita tidak menderita masalah ini karena setiap bulan, partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh wanita melalui menstruasi.
Pendapat lainnya bahwa pemakaian emas yang terlalu lama membuat tubuh pria terpapar dengan zat aktif emas. Emas mulai teroksidasi dan memunculkan beberapa senyawa. Senyawa ini jika masuk ke tubuh pria dapat mempengaruhi testis dan mengganggu fungsi kerjanya.
Sebaliknya wanita yang memakai emas lebih tahan terhadap paparan senyawa tersebut. Sistem gonad wanita, yaitu ovarium, lebih mampu menangkal pengaruh buruk senyawa oksidasi emas.
Sehingga, apa pun bentuk perhiasan emas yang dipakai wanita, tidak berpengaruh pada kesehatan.
Hanya diperlukan sedikit saja dari senyawa oksidasi emas untuk memperburuk kesehatan testis pria. Sebab, dengan beberapa miligram senyawa itu, pria sudah memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan pada testis. Akibat buruknya adalah memunculkan risiko kemandulan.
Sedangkan Shaykh Muhammad Saalih al-Munajjid dalam tulisannya memuat:
Salah satu rekan Hindu saya bertanya mengapa tidak diperbolehkan untuk pria Muslim untuk memakai emas.
Alhamdulillah. Hukum Allah mengandung putusan yang memiliki makna terbaik untuk orang di dunia ini dan di akhirat, karena merupakan hukum yang terungkap dari pencipta manusia, dialah yang tahu apa yang baik bagi mereka dan apa yang buruk bagi mereka.
Tapi alasan di balik hukum yang dibuat-Nya mungkin ada yang mengetahui mungkin juga ada yang tidak tahu. Orang percaya diperintahkan untuk menyerahkan dan menerima hukum Allah karena itu adalah kebutuhan imannya kepada Allah sebagai Tuhan dan Allah.
Allah telah menciptakan manusia dan membuat mereka dari dua jenis kelamin, laki-laki dan perempuan, dan Dia telah diberikan masing-masing karakteristik sendiri yang cocok untuk peran yang masing-masing memiliki untuk bermain dalam kehidupan ini.
Pria memiliki peran dan tugas bahwa perempuan tidak dapat melakukan, dan perempuan memiliki peran dan tugas yang laki-laki tidak bisa melakukan.
Jika itu terjadi, maka itu adalah sempurna bijaksana untuk mempersiapkan setiap gender dalam cara yang membantu mereka untuk memainkan peran yang dituntut dari mereka.
Hal ini juga diketahui bahwa emas adalah sesuatu di mana orang menghiasi dan mempercantik diri, tetapi pria tidak dimaksudkan untuk melakukan hal ini. Yaitu, dia bukan orang yang dapat disempurnakan dengan cara menambahkan sesuatu.
Seorang pria sempurna dalam dan dirinya, karena kejantanannya, jadi dia tidak perlu untuk menghiasi dirinya untuk beberapa hiasan seperti wanita. Seorang wanita perlu untuk menghiasi dirinya sehingga membuat dirinya menarik bagi suaminya, sehingga menciptakan ikatan antara dirinya dan suaminya.
Oleh karena itu diperbolehkan bagi seorang wanita untuk menghiasi dirinya dengan emas dan hal-hal lain, sehingga orang akan tertarik padanya dan mencari, dan tujuan pernikahan akan dicapai, yang merupakan penyebaran spesies manusia.
Dibesarkan dengan hiasan dan kelembutan hanya sesuai untuk wanita; sebagai untuk pria, itu adalah sesuatu yang tercela dalam kasus mereka. Oleh karena itu Allah berfirman (interpretasi artinya):
"(Seperti mereka kemudian untuk Allah) makhluk yang dibesarkan dalam perhiasan (memakai sutra dan emas perhiasan, wanita yaitu), dan yang dalam sengketa tidak bisa membuat dirinya jelas?" [Al-Zukhruf 43:18]
Ini adalah ringkasan dari apa yang para ulama telah mengatakan dalam menanggapi pertanyaan ini, seperti yang disebutkan oleh Syaikh Ibnu 'Utsaimin (semoga Allah merahmatinya) di Majmu' al-Fatawa (11/60).
Karena emas dan menghiasi diri dengan itu adalah hal-hal yang sesuai dengan sifat perempuan dan peran yang mereka telah diciptakan, hal ini jelas bijaksana untuk itu harus dilarang bagi pria untuk meniru perempuan dalam hal itu. Ulama besar Ibnu al-Qayyim (semoga Allah merahmatinya) mengatakan dalam I'laam al-Muwaqqi'een (2/109):
Demikian pula larangan emas dan sutra untuk pria yang telah ditetapkan sehingga dapat memblokir sarana yang dapat menyebabkan laki-laki meniru perempuan.
Salah satu hal aneh yang kita lihat saat ini adalah banyak anak muda yang menghiasi diri mereka dengan mengenakan rantai emas dan sejenisnya, dan mereka bahkan menempatkan riasan di wajah mereka.
Hal ini bertentangan dengan fitrah yang (terdengar sifat manusia) dan maskulinitas dan menyelesaikan yang harus menjadi karakteristik manusia.
Oleh karena itu Anda tidak akan menemukan orang yang bijaksana dan serius melakukan itu, bukan mereka yang baik penyimpang atau mereka yang kurang dalam karakter, waktu-pemboros yang mencoba untuk mengisi kesenjangan dalam karakter mereka atau mengisi waktu mereka dengan melakukan itu.

0 Response to " Inilah Alasan Islam Melarang Laki-laki Pakai Emas "

Posting Komentar