Kecerdasan Burung Gagak Didalam Alquran


Selama ini kita mengetahui lumba-lumba, kera, dan anjing sebagai hewan yang memiliki kecerdasan yang bisa dikatakan cukup luar biasa. Ya, hewan-hewan tersebut memang memiliki kecerdasan dan dapat dilatih oleh manusia.

Hewan-hewan cerdas umumnya berasal dari golongan mamalia. Jarang sekali kita temui hewan cerdas dari jenis burung, bahkan "otak burung" sering digunakan orang untuk merendahkan orang lain dengan menyebutnya seperti "otak burung".

Namun sebenarnya diantara hewan-hewan tersebut, penelitian terbaru menyebutkan burung gagak merupakan hewan yang paling cerdas di dunia. Adalah ilmuwan Bernd Heinrich dan Thomas Bugnyar dari Vermont University, Kanada dan St Andrews University, Skotlandia yang melakukan penelitian tersebut.

Majalah American Scientific mempublikasikan hasil penelitian keduanya yang menyebutkan bahwa burung gagak memiliki kemampuan dan mental yang sangat baik, sehingga ia dapat beradaptasi dengan baik di lingkungannya.

Para ilmuwan ini juga mengatakan bahwa burung gagak menggunakan logika untuk memecahkan masalah dan beberapa kemampuan mereka bahkan melampaui dari kera besar.

Dalam percobaan yang mereka lakukan, burung gagak diberikan tugas yang kompleks yang belum mereka temui sebelumnya, bahkan percobaan ini memaksa gagak untuk melakukan sesuatu hal yang mana naluri mereka tidak diprogram untuk ini secara alami.

Hasilnya sungguh mengejutkan, mereka selalu berhasil mencari kreatifitas dan solusi logis untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Yang lebih mengejutkan lagi, mereka melakukannya dengan benar pertama kali, setiap kali, tanpa proses trial and error apapun.

Percobaan lain menunjukkan bahwa beberapa burung gagak bahkan mampu membuat binatang lain bekerja untuk mereka, membuat hewan lain mencarikan makanan untuk mereka atau minimalnya mempermudah mereka.

Lihat video berikut ini:

Kecerdasan gagak dalam kisah masa lalu juga di sebutkan di dalam Alquran:

"Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi." [QS. Al-Ma'idah ayat 30]

"Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: "Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal." [QS. Al-Ma'idah ayat 31]

Ayat tersebut menceritakan Qabil telah membunuh saudaranya, namun dia bingung dan gelisah karena tidak tahu apa yang harus ia lakukan kepada jenazah saudaranya itu.

Kemudian Allah memerintahkan burung gagak untuk memberikan contoh kepada Qabil tentang bagaimana cara menguburkan jenazah saudaranya itu. Burung burung gagak menggali tanah dengan kaki dan paruhnya, lalu memasukkan gagak lain yang sudah mati dalam pertarungan kedalam lubang yang telah digalinya, dan menutupi kembali dengan tanah.

Melihat contoh dan pengajaran yang diberikan oleh burung gagak itu, termenunglah Qabil sejenak lalu berkata pada dirinya sendiri:"Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?"

Dan dari contoh yang diberikan oleh burung gagak itulah Qabil menguburkan saudaranya itu, dan hingga kini manusia juga melakukan hal yang sama ketika ada orang lain yang meninggal dunia, yaitu menguburkannya.

0 Response to " Kecerdasan Burung Gagak Didalam Alquran "

Posting Komentar