Ini Nih 11 Dilema yang Dirasakan Ibu Muda Ketika Membesarkan Anak

Jadi ibu muda itu gak gampang lho. Selain gak pernah diajarin ilmunya di bangku kuliah, ada banyak hal yang bikin ibu muda bingung saat membesarkan anak. Ada yang bilang gak boleh ini, gak boleh itu, harus ini, harus itu. Belum lagi ditambah omongan mama, ibu mertua, tetangga kiri kanan, dan dokter anak bisa beda-beda? Hufff....
Apa kamu juga ngerasain 11 dilema ibu muda ini?

1. Beda pendapat antara bayi baru lahir perlu dibedong atau enggak.

Pas si kecil baru lahir, tentu kamu masih awam banget soal mengurus bayi baru lahir. Kamu gak tau gimana cara yang bener buat merawat si bayi. Ibu mertua dan mama keukeh membedong si kecil dengan selimut atau bedong bayi dengan alasan supaya kakinya gak bengkok dan bayi tidur dengan nyaman. Tapi sebaliknya dokter anak justru menyarankan supaya bayi banyak dibiarkan tanpa bedong supaya bebas bergerak dan pertumbuhannya gak terhambat

2. Belum lagi soal ibu mertua yang suka nekat kasih bedak buat bayi, padahal kata dokter gak boleh.

Baca-baca di buku soal merawat bayi baru, katanya kasih bedak bayi itu bisa bikin bayi berpotensi terkena radang paru. Pas pulang dari rumah sakit pun dokter anak udah mewanti-wanti dan memberi pesan tentang ini. Tapi begitu sampai rumah kamu pernah 'memergoki' ibu mertua lagi kasih bedak bayi pada anak setelah mandi. Alesannya supaya gak gampang keringetan. Waduh!

3. Kalau ASI gak langsung keluar, harus gimana? Harus langsung dikasih sufor?

Biasanya orangtua suka was-was dan langsung panik pas ASI-mu belum keluar pasca melahirkan. Mereka takut si bayi dehidrasi lantaran gak minum beberapa waktu. Orangtua dan tetangga kanan kiri suka kasih saran buat beliin sufor dulu aja. Tapi dalam hatimu yang terdalam, kamu gak rela anakmu dikasih sufor. Dan yang bikin kamu kuat, menurut dokter anak gak masalah kalau dalam 3x24 jam bayi belum dikasih minum, karena masih punya cadangan cairan dari plasenta.

4. Ibu mertua bilang makan pisang pas bayi belum 6 bulan itu gak masalah, tapi....

Beda pendapat sama ibu mertua, soal waktu pemberian anak. Katanya ibu mertua, dulu anaknya dikasih makan pisang waktu umur sebulan. Padahal kata dokter anak jelas baru boleh makan setelah umur 6 bulan. Huff.

5. Lagi-lagi beda pendapat soal pemberian obat turun panas pas si kecil lagi demam.

Nah pas si kecil lagi demam, biasanya mama dan ibu mertua suka kasih saran suruh cepet-cepet kasih obat turun panas supaya menghindari step. Kalau kata dokter anak sih, obat turun panas baru diberikan kalau panas anak di atas 38 derajat celcius aja. Hmm.

6. Ada yang bilang belum bisa jalan atau ngomong di usia tertentu itu wajar, tapi suka risih juga dengar 'omongan' kanan kiri.

Kamu suka risih dengar omongan tetangga kanan kiri yang suka bandingin anakmu sama anak-anak lain di sekitar komplek. Si A udah bisa jalan di usia segini, tapi B belum. Si C malah udah ngomong pas umur segini, tapi kok si D belum? Kadang omongan kayak gini bikin kuping panas lho. Padahal selama masih dalam batas wajar, pertumbuhan anak yang beda-beda gak ada masalah kan?

7. Kata mama waktu kamu susah makan dulu, suka diajak makan sambil jalan-jalan. Tapi kok katanya justru bikin anak tambah sulit makan ya?

Orang zaman dulu suka ngajak anak-anaknya makan sambil digendong atau jalan-jalan. Hal ini pingin juga diterapkan sama cucunya. Yang bikin bingung, kadang makan sambil jalan-jalan justru bikin si kecil susah makan di kemudian hari lho.

8. Ngasih permen atau coklat ke anak yang susah makan itu oke, masa sih?

Daripada anaknya susah makan dan gak mau nelen makanan apa-apa, ibu mertua suka kasih coklat atau permen aja. Yang penting ada makanan yang masuk. Toh anaknya juga suka? Kalau kamu kurang setuju sama hal ini, bicara baik-baik sama ibu mertua gak masalah kok.

9. Kadang mama suka beliin jajanan yang 'kurang sehat', katanya sih supaya si anak gak bosen sama makanan di rumah.

Soal pemberian makanan buat anak, sebenarnya kamu udah hati-hati banget. Kamu pantang buat kasih cemilan yang kurang sehat macem makanan manis atau gorengan. Tapi terkadang ada pihak lain yang suka kasih makanan itu ke anak, alesannya supaya anak gak bosen makan makanan yang itu-itu aja.

10. Suka risih pas anak dititipin ke mama atau ibu mertua, terus dipegangin gadget atau diajak nonton TV.

Kamu udah say no to gadget dan TV. Tapi semuanya mendadak kacau pas mama atau ibu mertua malah memberikan kedua benda tersebut secara cuma-cuma ke anak. Duh!

11. Sudah bikin aturan tegas ke anak soal hal yang boleh dan yang gak boleh, tapi semua 'hancur' pas mama atau ibu mertua beda pendapat.

Satu lagi yang bikin dilema melanda. Kamu dan suami sudah bikin ketetapan beberapa aturan buat anak, misal hal yang diperbolehkan dan hal yang gak diperbolehkan. Tapi bukan gak mungkin, aturan ini ditepis gitu aja pas mama atau ibu mertua dateng. Semuanya pun jadi hancur gak sesuai aturan yang kamu buat. Alhasil, kadang kamu ngerasa gagal jadi ibu muda.
Duh, itu tuh beberaopa dilema yang bikin kamu pusing tujuh keliling. Apalagi kalau masih tinggal bareng sama orangtua yang kadang suka 'ikut' merawat si kecil. Apapun itu, cari informasi akurat sebanyak-banyaknya supaya kamu gak salah langkah. Ikut grup parenting buat nambah wawasan ini itu. Dan yang paling penting, komunikasi yang lancar sama orang-orang yang ikut ngasuh si kecil ya supaya gak terjadi beda pendapat dan kesalahpahaman dalam membesarkan anak.

0 Response to " Ini Nih 11 Dilema yang Dirasakan Ibu Muda Ketika Membesarkan Anak "

Posting Komentar