7 Langkah Sederhana Supaya Sukses Menurunkan Berat Badan Saat Ramadhan

Sebentar lagi bulan puasa akan segera tiba. Para pemeluk agama Islam akan berpuasa satu bulan lamanya. Mereka akan menahan haus dan lapar selama seharian penuh dan hanya boleh makan dan minum saat waktu sahur dan berbuka saja.
Namun, biasanya berat badan justru merangkak naik di bulan puasa ini karena kita akan langsung balas dendam dan makan berlebihan saat sahur dan berbuka. Nah, supaya berat badan tidak naik dan sekaligus supaya kamu bisa diet, ini tujuh langkah gampang yang harus kamu lakukan!

1. Tetap lakukan olahraga ringan menjelang buka puasa.

Pingin olahraga saat puasa supaya tubuh bugar? Bisa! Kamu dapat melakukan gerakan olahraga ringan tiap 30 menit menjelang berbuka puasa. Kamu bisajogging ringan di treadmill, yoga, atau bahkan bersepeda. Selain itu, lakukan kegiatan ini di area terbuka supaya sirkulasi udara lancar sehingga kamu tetap merasa segar dan tak terlalu kehausan. Yang perlu dijadikan catatan, hindari waktu berolahraga saat akan tidur malam karena hal ini akan mengganggu waktu istirahatmu.

2. Hindari minum es dan minuman bersoda.

Jika kamu ingin berat badan tidak melonjak saat bulan puasa, maka hindari minum es dan juga minuman bersoda. Es bisa menyebabkan kontraksi pada lambung dan menurunkan nafsu makan. Hal ini akan menyebabkanmu tidak menyantap menu utama dan menyebabkan kurangnya asupan nutrisi pada tubuh.
Selain itu, minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi. Minuman ini bakal menyebabkan kadar gula darah melonjak naik. Bahkan, minuman bersoda bisa jadi penyebab utama diabetes dan juga obesitas. Makanya, mulai sekarang kurangi deh minuman bersoda saat buka maupun sahur.

3. Jangan konsumsi makanan dan minuman yang bersantan.

Opor ayam, kolak pisang, hingga es dawet biasanya jadi menu favorit ketika berbuka. Memang makanan dan minuman bersantan ini sangat menggugah selera. Namun, sayangnya makanan dan minuman yang mengandung santan bisa membuat berat badan makin naik. Makanan dan minuman ini menyebabkan kolesterol tinggi dan juga mengundang penyakit lainnya.

4. Perbanyak makan buah-buahan segar.

Buah-buahan merupakan sumber vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, vitamin yang berasal dari buah-buahan segar ini bisa menjaga kesehatan tubuh karena mengandung vitamin C tinggi. Buah segar ini bisa menjadi asupan nutrisi penting dan melancarkan pencernaan karena berserat sehat. Kamu juga bisa makan buah-buahan berkalori tinggi supaya bisa kenyang tapi badan gak menggemuk.

5. Konsumsi juga karbohidrat komplek dan air putih.

Kamu bisa mengonsumsi karbohidrat komplek dan air putih supaya bisa cepat kenyang. Tak harus melulu nasi kok, kamu bisa mendapatkan karbohidrat dari kacang merah, kedelai, gandum, brokoli, kangkung, dan sayuran lainnya. Minum juga air putih yang cukup supaya badan tidak lemas setelah berpuasa seharian.

6. Daging juga bisa dijadikan menu saat berbuka tiba.

Daging yang kaya protein bisa dijadikan menu utama saat berbuka. Kamu bisa mengambil bagian daging saja dan membuang bagian lemak serta kulit. Jika ingin lebih sehat lagi, kamu bisa mengolah daging dengan cara selain digoreng dalam minyak. Kandungan minyak dalam daging bisa menyebabkan kolesterol.

7. Jangan langsung makan dengan porsi banyak, makan dengan porsi sewajarnya saja.

Salah satu penyebab berat badan melonjak naik saat bulan puasa karena kita biasa langsung makan dengan porsi banyak ketika berbuka dan sahur. Jika tak ingin gemuk, kamu bisa makan dengan porsi yang sewajarnya. Ambil nasi dan lauk dengan porsi secukupnya. Kemudian konsumsi secara perlahan dan pastikan makanan yang ada di mulut sudah dikunyah hingga halus.
Jadi sudah siap diet di bulan puasa tahun ini? Kalo kamu punya tips lainnya, bagikan di kolom komentar ya!

0 Response to " 7 Langkah Sederhana Supaya Sukses Menurunkan Berat Badan Saat Ramadhan "

Posting Komentar