Tetep Ngerasa Capek Terus Padahal Sudah Tidur Lama?? Bisa Jadi Ini Penyebabnya Lho!!

Apa sobat cerpen pernah ngerasa lemes dan capek bahkan ngantuk seharian padahal sebenarnya kamu jelas-jelas udah tidur cukup kemarin malam. Hal ini bisa membuat kamu sebal dan nggak semangat melakukan apapun lho! Ternyata rasa lelah dan ngantuk yang kamu rasain itu nggak bisa cuman disembuhkan dengan tidur cukup aja. Ada banyak hal lainnya yang perlu kamu tahu, kenapa kamu sering capek dan ngantuk!
1. Kurang olahraga
Duduk di kantor 8 jam sehari jelas nggak baik dan ngebuat kamu bisa ngerasa capak, kebiasaan ini juga ternyata mempengaruhi kualitas tidurmu karena tubuh tidak mengeluarkan cukup energy untuk tidur. Nah, dengan oolahraga, kamu bisa memberi penyegaran pada tubuhmu.

2. Dehidrasi
Coba kamu ingat-ingat, berapa gelas air yang kamu minum setiap harinya. Bisa jadi kamu minum air sangat sedikit setiap harinya atau kamu terlalu sering minum kopi atau minuman manis. Jadi, pastikan kamu tidur 8-10 gelas air putih setiap harinya.
3. Pola makan yang buruk
Pola makan yang buruk juga ternyata sangat berpengaruh pada suasana hati sepanjang hari lho! Karbohidrat tinggi ternyata menyebabkan lelah juga, kalau kamu terbiasa sarapan nasi, ada baiknya kamu mengganti dengan buah-buahan. Lambungmu akan beradaptasi dengan itu kok!
4. Depresi atau stress
Mungkin kamu nggak sadar kalau kamu sedang depresi atau stress, kamu cuman merasa lelah dan nggak punya motivasi. Coba kamu pikirkan lagi apa masalahmu akhir-akhir ini bikin kamu stress? Kamu bisa coba kelas yoga atau meditasi untuk menenangkan emosimu.

5. Gula darah tidak seimbang
Kadar gula darah yang nggak seimbang ternyata bisa membuat tubuh kekurangan energi. Ini mungkin bisa terjadi karena kamu terlalu banyak makanjunkfood. Kamu boleh coba pergi tes kesehatan, kalau memang kadar gula darahmu tidak baik, kamu boleh memperbanyak makan buah-buahan!
6. Masalah kesehatan
Kalau kamu merasa pola makanmu sehat, kamu minum air cukup, kamu juga nggak stress dan berolahraga rutin, bisa jadi kamu punya masalah dengan tubuhmu yang belum kamu ketahui. Bisa jadi kamu mengalami anemia atau kondisi lainnya yang membuat kamu cepat lelah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk hal ini.

Sobat cerpen, kalau kamu ngerasa tetap lelah wakau istirahat sudah cukup, ada baiknya kamu memperhatikan poin-poin ini dan juga kualitas tidurmu setiap malam. Gaya hidup sehat bisa memberikan manfaat besar bagi hari-harimu lho! 

0 Response to " Tetep Ngerasa Capek Terus Padahal Sudah Tidur Lama?? Bisa Jadi Ini Penyebabnya Lho!! "

Posting Komentar