Tips Mencegah Infeksi Ginjal

Salah satu akibat paling fatal dari penyakit pyelonephritis bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu pyelonephritis atau infeksi ginjal harus diwaspadai. Jika sudah terlanjur terdapat gejala-gejala infeksi pada saluran kemih maka segeralah periksakan diri ke dokter.
Idealnya memang sebelum terjangkit, kita harus menghindari atau mencegahnya. Sebagaimana kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati. Agar terhindar dari infeksi ginjal yang berbahaya ada beberapa tips mencegah infeksi ginjal yang bisa dilakukan.
Berikut 8 tips mencegah Pyelonephritis yang bisa dilakukan sehari-hari di rumah:
1. Biasakan minum air putih

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi ginjal adalah dengan minum air putih yang banyak. Minum air putih sebaiknya tidak perlu menunggu hingga terasa haus. Selain membersihkan ginjal, minum air putih juga membantu mengeluarkan bakteri dari saluran kencing.
2. Jangan menahan kencing terlalu lama
Usahakan tidak menahan kencing dalam waktu lama, karena hal itu dapat menyebabkan pengendapan kotoran pada kandung kemih. Akan sangat berbahaya jika endapan kotoran tersebut mengkristal. Jika hal itu terjadi, Anda akan merasa kesakitan usai buang air kecil.
3. Kencing sebelum dan usai berhubungan intim
Sebelum dan sesudah berhubungan badan biasakan untuk kencing terlebih dahulu. Bukan tanpa alasan, hal itu dapat mencegah terjadinya infeksi pada kandung kemih yang bisa berujung pada pyelonephritis. Terutama untuk Anda yang baru pertama kali berhubungan intim maupun yang sudah lama tidak berhubungan intim.
4. Gunakan kondom saat berhubungan
Penggunaan alat kontrasepsi satu ini merupakan cara paling aman saat berhubungan seksual dengan pasangan yang terindikasi mengalami infeksi ginjal. Sebagaimana diketahui bahwa bakteri penyebab infeksi ginjal dapat menular melalui alat kelamin.
5. Rajinlah bersihkan area kewanitaan
Bersihkan miss v dan sekitarnya setelah buang air kecil maupun buang air besar. Lalu keringkan dengan handuk bersih. Cara membersihkannya dengan air mengalir (yang tidak mengendap) maupun anti septic.
6. Hindari sabun pembersih tidak jelas
Saat ini banyak dijual sabun-sabun pembersih kewanitaan yang dijual bebas. Meskipun banyak yang menggunakan sebaiknya teliti apakah ada lolos uji bpom atau tidak. Terutama pembersih khusus wanita yang banyak dijajakan secara online. Jangan tergiur testimoni jika tak jelas.
7. Jaga area kewanitaan tetap kering
Berupaya mengurangi biang keringat pada area miss v dengan cara hindari penggunaan celana dalam yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat seperti nilon dan sejenisnya. Terutama pada siang hari atau saat cuaca panas untuk menghindari terjadinya biang keringat.
8. Seringlah mengganti celana dalam
Ganti celana dalam sesering mungkin dalam beberapa keadaan berikut. Celana dalam basah akibat keringat, terlalu sering buang air kecil, dan saat menstruasi yang menembus pembalut. Jangan lupa bawa perlengkapannya saat Anda bekerja di luar rumah atau bepergian jauh.
Semoga dengan tips-tips cara mencegah infeksi ginjal ini kita bisa menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Jika tidak ingin sakit kemudian hari maka mencegah sebelum terjadi merupakan solusi yang wajib dijalani. Jangan lupa share kepada teman-teman atau saudara agar kesehatan bisa tercipta.

0 Response to " Tips Mencegah Infeksi Ginjal "

Posting Komentar