Wanita yang Kerja Shift Malam Berpotensi Kena Kanker Hati


Anda pekerja shift malam ? Waspadalah, berdasarkan penelitian para dokter di Inggris, wanita yang bekerja pada malam hari memiliki resiko terserang gangguan hati daripada mereka yang bekerja pagi jam 9 hingga 5 sore.
Resiko ini semakin tinggi jika shift malam dilakukan selama lebih dari lima tahun, selain gangguan hati, juga gangguan pembuluh darah.
Berhati-hatilah, apalagi jika bekerja malam hari dilakukan selama 15 tahun atau lebih akan meningkatkan resiko kanker paru-paru yang berakibat kematian.
Tahun 2007 lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklasifikasikan bekerja shift malam merupakan pemicu zat karsinogen (zat penyebab kanker) karena terganggunya waktu istirahat tubuh. 
  
Riset ini juga dilakukan pada 121.700 perawat di Amerika sejak tahun 1976 lalu, perawat usia 30-55 tahun yang diminta untuk mengisi kuisioner per dua tahun sekali. Dalam riset itu dijelaskan bahwa rotasi jam kerja dimana mereka harus merasakan tiga kali shift malam dalam sebulan memiliki resiko sebesar 11% terkena gangguan fungsi hati. 19% terkena gangguan jantung yang menyebabkan mereka meninggal mendadak, serta 25% resiko kanker paru-paru bagi perawat yang telah bekerja selama 15 tahun.
Jika anda memang harus menjalani pekerjaan dengan shift malam, pastikan anda memiliki waktu tidur yang cukup, olahraga teratur dan makan makanan yang bergizi.

0 Response to " Wanita yang Kerja Shift Malam Berpotensi Kena Kanker Hati "

Posting Komentar