Jangan Anggap Remeh Bercak Putih Pada Kuku! Nyawa Mungkin Dalam Bahaya.

Bercak putih pada kuku terkadang tidaklah selalu sama. Ini mungkin disebabkan oleh aneka penyakit menimbulkan gejala yang berbeda-beda. Namun, semuanya hendak menunjukkan bahwa tubuh sedang bermasalah.


Apa saja penyebab bercak putih pada kuku?
1. Luka pada kuku
Bercak putih pada kuku jika membentuk bintik-bintik atau garis disebut "White Nails" (Kuku berwarna putih). Penyebab paling umum adalah diawali oleh kuku terluka. Apabila kuku pernah terjepit pintu atau terhantam palu, atau terlalu sering memakai cat kuku, semua itu dapat mengakibatkan luka pada kuku.
2. Alergi
Tidak sedikit para wanita senang memakai aneka warna pada permukaan kuku. Namun sering kali pemakaian cat kuku (kutek) serta nail polish remover mungkin dapat menimbulkan alergi sehingga mengakibatkan munculnya bercak putih.
3. Kekurangan Zinc
Ketika tubuh kekurangan Zinc, maka akan mengakibatkan timbulnya bercak putih pada kuku berupa bintik-bintik atau garis. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya akan Zinc (seng) seperti: tiram, yoghurt, kepiting, daging sapi, bayam, kacang-kacangan, dll.
4. Kekurangan Protein
Bantalan kuku adalah bagian kulit yang ditutupi oleh kuku. Ketika tubuh kekurangan protein, bantalan kuku akan muncul garis berwarna kuning. Dikarenakan garis kuning ini tumbuh pada bantalan kuku, bukan pada kuku, maka ia tidak akan tumbuh bersama dengan kuku.
Biasakan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti: aneka jenis ikan, biji-bijian, susu kacang, kacang-kacangan, dll.
5. Kekurangan Kalsium
Apabila tubuh kekurangan Kalsium, ubah pola makanan untuk mencukupi suplai Kalsium pada tubuh. Misalnya, memperbanyak konsumsi susu, atau makanan lainnya yang kaya akan Kalsium.
6. Penyakit infeksi pada kuku
Penyakit infeksi pada kuku disebabkan oleh jamur. Awalnya muncul pada kuku kaki, kemudian akan menjalar pada bantalan kuku. Kuku kaki pada mulanya agak tipis, kemudian akan menebal, bahkan muncul retakan pada kuku sehingga terasa sakit ketika memakai sepatu.
Untuk pengobatan, biasanya disarankan untuk menggunakan obat makan dan obat luar yang dioleskan. Umumnya 3 bulan kemudian gejala-gejala tersebut akan mereda dan menghilang.
7. Beberapa penyakit serius
Munculnya bercak putih pada kuku mungkin juga disebabkan oleh aneka penyakit serius, seperti: penyakit lever, ginjal, anemia, dan lainnya. Itulah sebabnya, jika melihat warna kuku mulai memudar atau terlihat ada keanehan, seawal mungkin pergilah memeriksakan diri ke dokter, demikian problema penyebabnya dapat diatasi dengan efektif.
Ketika menemukan bercak putih pada kuku, janganlah panik terlebih dulu. Boleh mencoba menganalisa kira-kira apakah penyebabnya. Namun jangan juga terlalu meremehkan sehingga momen penting untuk pengobatan sampai terlewatkan.

0 Response to " Jangan Anggap Remeh Bercak Putih Pada Kuku! Nyawa Mungkin Dalam Bahaya. "

Posting Komentar