Kamu yang Gak Puasa, Pastikan Jangan Lakukan 8 Hal Ini ke Orang yang Puasa!

Puasa adalah usaha menahan nafsu dan godaan dunia. Usaha tersebut sungguh sangat berat namun karena puasa adalah perintah agama, umat muslim harus menjalankan. Karena puasa adalah perintah agama, maka kita harus menghormatinya sebagai bentuk kebebasan menjalankan ritual agama. Untuk itu ada beberapa hal tidak boleh kita lakukan ke orang puasa sebagai bentuk penghormatan tersebut.

1. Kamu tidak boleh dengan sengaja makan dan minum di depan orang puasa.


Kita memang tidak bisa melarang seseorang makan dan minum. Tetapi tidak semestinya kita melakukan kegiatan tersebut dengan niat menggoda. Apalagi niat menggoda agar orang yang berpuasa membatalkan puasanya.

2. Kamu tidak boleh mempertontonkan bokep dengan niat menerbitkan nafsu syahwat.

Apalagi keisengan satu ini yang luar biasa berdosa. Nonton video porno waktu hari biasa saja bisa masuk dalam zina mata. Apalagi melakukannya waktu bulan puasa dengan niat untuk membatalkan puasa seseorang.

3. Kamu tidak boleh mengolok-olok kegiatan orang yang berpuasa.

Isu agama adalah persoalan yang sensitif. Jangan sampai melakukan penghinaan terhadap agama, karena bisa mendapat masalah dari hukum dan masyarakat. Apalagi mengolok aktifitas beribadah orang yang berpuasa.

4. Kamu tidak boleh berisik sewaktu tengah malam.

Orang berpuasa menghadapi cobaan yang berat. Jam istirahatnya terpotong karena harus bangun pagi buat untuk sahur. Belum lagi harus menjalani aktivitas seperti biasa. Capeknya pasti berlipat-lipat. Karena itu jangan sampai kita berisik sewaktu tengah malam karena bisa mengganggu istirahat mereka.

5. Kamu tak boleh dengan sengaja nyusahin orang puasa.

Jangan menyusahkan orang puasa dengan sengaja. Misalnya sengaja minta tolong kerja berat hanya untuk "ngerjain". Contohnya nyuruh mereka bawa barang-barang yang berat, keliling mall yang gede, atau nemenin rempongnya belanja. Tunjukan sedikit rasa empati.

6. Kamu tak boleh mengajak orang puasa untuk dugem.

Apalagi buat kegiatan yang satu ini. Kalau muslim minum minuman beralkohol, ibadahnya tidak diterima selama 40 hari. Pastikan kamu tidak melakukan ini.

7. Kamu tidak boleh membohongi orang puasa.

Jangan bohongin orang puasa. Nanti mereka terkena susahnya lalu sakit hatinya. Nyakitin hati orang aja dosa. Apalagi nyakitin hati orang yang sedang menjalankan ibadah. Tetapi kalau membohongi untuk kebaikan mungkin masih diperbolehkan.

8. Kamu tidak boleh mengancam orang puasa buat membatalkan ibadahnya.

Kecuali untuk sebab-sebab darurat atau membahayakan, seorang muslim tidak boleh membatalkan puasa. Maka jangan sampai kam melarang orang puasa atau mengancamnya untuk membatalkan.
Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang merayakan. Mari kita jaga toleransi dalam kebebasan beragama bersama-sama!

0 Response to " Kamu yang Gak Puasa, Pastikan Jangan Lakukan 8 Hal Ini ke Orang yang Puasa! "

Posting Komentar